Home » get inspired » Scuba Diving Bagi Pemula

Scuba Diving Bagi Pemula

Menikmati pesona bawah laut, siapa yang tidak tertarik? Hanya melihatnya dari layar televisi mungkin tidak membuat puas, menyelam langsung jadi pilihan terbaik. Ada beberapa kegiatan menyelam, salah satunya Scuba Diving. Untuk Anda yang belum pernah melakukan Scuba Diving, ini hal-hal yang harus diperhatikan :

· Memahami Scuba Diving

Penting untuk mencari tahu seperti apa scuba diving, agar memiliki gambaran. Kalau belum yakin untuk menyelam, coba dulu menyelam di tempat-tempat kursus. Tidak ada salahnya sekalian mengikuti paket kursus menyelam yang disediakan.

· Kenali Areanya

Kondisi di setiap area untuk scuba diving tentu berbeda. Ada yang suhunya dingin, ada pula yang lebih hangat. Kenali dulu area dimana Anda akan menyelam, bagaimana suhu airnya, seperti apa ekosistem disana, hewan dan tumbuhan air apa saja yang diharapkan bisa dilihat, dan kendala yang mungkin akan dihadapi.

· Perhatikan Kesehatan

Cek kesehatan sebelum menyelam. Jika dalam kondisi yang tidak fit, tunda dulu pengalaman menyelam pertama, terutama bila Anda memiliki infeksi sinus, masalah pernafasan, atau penyakit lain yang cukup serius. Tekanan di dalam air malah membuat Anda tidak nyaman.

· Rileks dan Bernafas Seperti Biasa

Kedengarannya menyeramkan, harus bernapas dibawah tekanan air. Belum lagi dengan segala perlengkapan yang masih asing. Tetap tenang. Panik hanya membuat control diri menjadi sulit. Jangan pula menahan napas, karena dapat menimbulkan cedera paru-paru. Tarik napas dalam, hembuskan perlahan. Bergerak perlahan untuk mengurangi energi dan menghemat oksigen.

· Aturan Adalah Segalanya

Menyelam yang aman adalah yang mengikuti semua aturan. Dengarkan pembimbing menyelam, mereka ahli di bidangnya, paham seluk beluk menyelam, dan lebih berpengalaman. Jadi, ikuti segala aturannya selama ber-scuba diving.
Rajin Pakai, Rajin Pula Merawatnya

Sebagai pengguna alat selam yang baik, bukan hanya mahir dalam menggunakan property selam saja, tapi juga mesti lihai dan cakap dalam merawatnya. Bukan perkara sulit kok! Sedikit usaha yang telaten, bisa menjamin alat-alat selam yang Anda miliki akan bertahan lama.

· Cuci Dengan Air Tawar

Walau tahan air, jangan malas untuk mencuci dengan air tawar segala peralatan seusai memakainya. Jangan cuci dengan sabun! Zat kimia akan merusak peralatan Anda. Jika terpaksa menggunakan sabun, pakailah sabun bayi, karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

· Rendam Selama Beberapa Jam

Selesai mencuci, ada baiknya untuk merendam seluruh peralatan menyelam, minimal delapan jam. Tujuannya untuk meluruhkan garam yang menempel.

· Keringkan Secara Alami

Tidak usah dilap, cukup digantung untuk kemudian ia mengering dengan sendirinya.

· Hindari Matahari

Ketika menjemur peralatan menyelam, pastikan untuk tidak terpapar langsung sinar matahari. Hal ini akan merusak lapisan silicon.

· Simpan Dalam Kontainer

Setelah kering, tempatkan seluruh property menyelam anda dalam container yang berventilasi. Tentunya tak ingin jamur hinggap pada salah satu alat kesayangan Anda kan.

· Periksa Secara Berkala

Yang terakhir, cek secara teratur tali masker, tali fin, snorkel, mouthpiece regulator, dan selang regulator guna mengetahui apakah ada bagian yang aus atau rusak.